Wednesday, August 25, 2010

wisuda

26 Agustus 2010.
jadwal wisuda Universitas Indonesia 2010. pengen banget ada di Balairung dan ikut wisuda. hehe
merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan sekali di mana kita bisa dateng ke wisuda itu, liat prosesi wisuda, trus yang paling nyenengin tuh pas liat kaka-kakak senior kita make Toga, masuk ke Balairung sambil berbaris dengan rapi gitu per fakultasnya. mengingatkan gw akan film Harry Potter pas semua siswa Hogwarts masuk ruangan saat penyambutan dan makan malam. haha

yah, dan gw udah pernah 2 kali ngalamin kesempatan ikut dan hadir dalam wisuda itu. bukan sebagai tamu tentunya, tapi sebagai salah satu komponen pendukung acara wisuda itu. di UI kan tiap ada wisuda selalu melibatkan para mahasiswa baru buat jadi paduan suara, yang akan nyanyiin lagu-lagu kebangsaan maupun lagu-lagu UI sendiri. dan itu sumpah keren banget. tiap tahun kan ada kurang lebih 4000 sampai 5000 mahasiswa baru, dan semua itu bergabung menjadi satu dalam irama yang indah. haha hiperbol banget.

tapi emang keren banget sih, hikmat gitu suasananya. waktu itu gw dan maba-maba lainnya kan duduknya di tribun atas Balairung gitu, dan kita semua pake baju putih-putih plus jaket kuning. jadi di atas tuh keliatannya kayak kuning menyala gitu di segala penjuru.
dan kalo kita ngeliat ke bawah, udah berjajar kakak-kakak senior kita yang mau diwisuda, dengan pakaian kebesaran mereka. tiap fakultas menampakkan ciri khasnya masing-masing. dan kita, para penerus mereka juga ga mau kalah... ikut dukung mereka pas mereka beriringan masuk Balairung.

dulu pas gw masuk sebagai mahasiswa Matematika, pas senior-senior MIPA masuk Balairung, gw ikut-ikutan teriak "pejuang sains bangsa!!!".. trus juga ada beberapa sorakan lain khas MIPA gitu. haha
trus pas tahun kemaren gw jadi maba lagi dan berstatus sebagai mahasiswa FE, waktu wisuda gw ikut teriakin mars FE gitu.
economy... economy.... economy goes marching in..
all i want to be that number..
economy goes marching in..

hmm kerasa banget sih aura persaingan untuk jadi yang terheboh waktu penyambutan itu... tapi... yeaa, that was so fun!

abis itu kita ikut serangkaian prosesi wisuda deh. yang paling gw seneng adalah ketika nyanyiin lagu-lagu gitu. jadi kan ada lagu-lagu UI, kayak mars UI, trus yang paling gw suka ya lagu Gaudeamus Igitur (bener gitu ga ya tulisannya). pokoknya itu lagu yang bikin semangat banget deh. bikin kangen di tiap wisuda. dan kami bangga bisa jadi bagian dari proses sakral itu. hmmm

apalagi pas ngeliatin para wisudawan dengan predikat Cumlaude yang berjajar dari bagian depan dampai belakang, that means hampir semua lulus Cumlaude. ya Allah.... pengen banget bisa kayak gitu. amin,,
bener-bener ga bisa dilukiskan dengan kata-kata.

suasana "kuning-kuning" di atas yang dilihat dari bawah

ini yang lebih jelasnya lagi, dari tempat rektor dan para guru besar

barisan terdepan: para Cumlauder
*mudah-mudahan 2 tahun lagi gw duduk di kursi depan ini. amin ya Rabb..

perwakilan dari tiap fakultas. biasanya yang berpredikat terbaik atau dengan prestasi terbanyak.. hmmm
anak FE tuh. hoho

senior FEUI.. dengan makara abu-abu menyertai setiap langkah mereka..

hmm kalo yang ini yang S2 kali yaa

akhirnya... apapun fakultas kita... bahkan di manapun kita kuliah... masa-masa wisuda bisa dikatakan sebagai akhir dari salah satu fase terpenting kehidupan kita. rasanya kalo udah diwisuda tuh beban atau tanggung jawab kita selama kurang lebih 4 tahun ini hilang... bebas.. lepas... sebebas topi-topi wisuda yang dengan lepasnya diterbangkan ke angkasa..
*rada lebay ini

hmmm
wisuda. masih 2 tahun lagi. semoga cukup waktu dan umur ini untuk mencapainya.. amin..
pas wisuda pasti pengen lah disaksikan oleh orang-orang tersayang.. ya pasti. hmm pengen ada ibu, papah, adek-adek, trus mbah putri yang selama ini selalu dukung aku... terus satu lagi... calon suami! hahahaha ;))

well, ga ada maksud apa-apa dalam pembuatan tulisan ini. bukan berarti gw pengen membanggakan fakultas gw, almamater gw...
semua ini gw buat murni cuma sebagai reminder buat gw aja.. bahwa perjalanan dan perjuangan gw masih sangat panjang sampai ke titik itu. dan ini sangat bisa memotivasi gw buat terus berjuang memberikan yang terbaik, hingga pada waktunya nanti gw bisa duduk di deretan paling depan dan mewakili fakultas gw maju ke podium.. amin Ya Allah...

karena gw yakin, di manapun kita kuliah dan apapun bidang yang gw pilih, selama semua itu dipilih dan dijalani dengan penuh kesadaran dan dari dalam hati, insya Allah hasilnya akan memuaskan..apapun itu.. tinggal bagaimana kita menjalaninya aja..

gaudeamus igitur............

*sampai ketemu lagi di wisuda UI 2012.. :)

0 comments:

Post a Comment