Friday, August 13, 2010

ingin seperti air

tiba-tiba kepikiran air. hmm bukan karena kemaren gerimis trus kepikiran air. tiba-tiba pengen berfilosofi, setelah sekian lama absen dari dunia perfilosofian. haha. okay mungkin makna filosofi yang saya anut di sini tidak sama dengan makna filosofi yang dianut oleh para filosof handal di luaran sana. makna bagi saya sederhana sajalah. apalah arti sebuah makna (ups). karna makna adalah arti, jadi sejatinya tidak perlu mengartikan makna itu sendiri. aduh jadi pusing sendiri. heuheu
hmm begini. air. adalah suatu benda cair. memiliki massa, menempati ruang, dan mengikuti bentuk tempatnya. air ada di mana-mana. sebagai salah satu benda yang paling dibutuhkan oleh semua makhluk hidup (setelah udara), air tersebar di seluruh penjuru dunia. walaupun jumlah dan intensitasnya tidak merata. air ada di pegunungan, di pantai, di padang pasir, di bawah laut, bahkan di atas langit sana juga ada air, dalam bentuk uap air tentunya. air menguasai dunia.
dunia ini tersusun atas air. komponen terbesar manusia terdiri atas air. manusia pun berasal dari air. mungkin manusia dapat bertahan selama 3 hari tanpa makanan, tapi tidak mungkin dapat bertahan tanpa air. itulah air. salah satu ciptaan Allah SWT yang sangat kita butuhkan, dalam jumlah yang normal tentunya.

mengapa saya ingin seperti air?

fleksibilitas air, yang dapat mengalir ke seluruh penjuru. yang dapat memenuhi ruang yang ditempatinya, dan dapat mengikuti bentuk tempatnya.
saya ingin menjadi orang yang selalu dapat beradaptasi di mana pun saya berada. dapat membaur dalam segala keadaan. yah walaupun saya akui dalam kenyataannya terkadang cukup sulit untuk melakukan itu semua. semua juga bergantung pada karakter diri kita sendiri, dan lingkungan itu. memang tidak bisa dipaksa, tapi setidaknya bisa lah diusahakan.
lihat saja air yang tidak segan-segan untuk mengalir ke tempat yang lebih rendah. dan air memang selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, menandakan dia tidak pernah canggung untuk berbaur dan memberi kepada sesuatu yang ada di bawahnya.
air yang menempati ruang dan memenuhinya, mengakibatkan tidak ada ruang kosong dalam tempat itu. semua rapat, oleh partikel-partikelnya yang solid. tapi ingat, dalam kesolidan itu, air masih dapat menerima udara (gas) di sekitarnya. masih ingat kan konsep bahwa "air mengandung udara"?. betapa air sungguh berjiwa besar, mau menerima zat yang berbeda ke dalam dirinya.
dapat mengikuti bentuk tempatnya. fleksibilitas yang membuat air dapat diletakkan di mana-mana. di setiap tempat yang berbeda, dia bisa membentuk dirinya dengan berbeda-beda pula. bukan berarti tidak konsisten, tetapi karena fleksibilitas yang dimilikinya itulah yang menyebabkan air dapat melakukan hal itu.

air menghidupi kehidupan di seantero dunia.
sudah saya nyatakan bahwa air sangat berguna dan dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di dunia ini. seekstrim apapun alam, pasti memiliki kandungan air walaupun hanya sedikit yang menjamin kelangsungan hidup makhluk yang hidup di sana. setiap kali air mengalir melewati tanah kering, padang yang tandus, dia akan memberikan suatu harapan hidup baru dengan tetesan anugerah yang dibawanya. dari situlah tumbuhan hidup. semua berasal dari air.

kelembutan dan keganasan yang ada dalam suatu zat yang disebut air.
mungkin seperti manusia, air juga memiliki 2 tipe sifat utama, kelembutan dan -kalau bisa disebut- keganasan. ya, kelembutan. tetes-tetes air yang sangat lembut itu dapat mengikis bahkan menghancurkan bongkahan karang yang sangat kekar dan kuat. air dapat menelisik masuk sampai ke pori-pori terkecil karang besar itu. hmm kelembutan sang air dapat menghancurkan juga ternyata.
keganasan. jelas terlihat saat banjir atau tsunami datang menyapa bumi. dalam jumlah yang berlebihan air dapat menjelma menjadi bahaya besar yang mengancam kehidupan di bumi. oleh karena itu penggunaan air itu sendiri harus diatur agar sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

mungkin apa yang saya tuliskan di sini tidak dapat dikategorikan sebagai suatu filosofi. ini hanya sedikit hasil perenungan saya, yang saya rangkai dengan sedikit pengetahuan yang saya miliki. hmm mungkin tidak bermakna banyak, cuma corat-coret yang iseng saya lakukan di pagi ini. hehe

2 comments:

Van Der Woodsen said...

jadi inget, i dreamed about the world where i became a water bender.

Seru gitu jadi pengendali air kali ya.
kalo ada yg rese tinggal siram

gayatri-ardila said...

haha
yes i've read your post.
hmm kalo siram doang mah ga mempan je kadang-kadang. butuh ditenggelemin juga tuh hoho

Post a Comment