Wednesday, August 11, 2010

regol

regol kali ini sungguh terasa menyesakkan. huh. ya emang sih dari dulu yang namanya regol emang ga pernah fun. berhasil atau tidaknya regol, kebagian atau tidaknya kelas, sampai bentrok atau tidaknya jadwal, semua tergantung dan sangat ditentukan oleh koneksi ke SIAK NG. kalo lagi beruntung dan gampang masuk ke situs www.academic.ui.edu sih ga masalah.. bisa dengan leluasa memilih mata kuliah plus jadwalnya. kelas belom banyak yang penuh. nah kalo yang kurang beruntung? yang baru bisa masuk SIAK setelah beberapa menit berjuang, trus pas udah giliran bisa masuk malah kelasnya udah penuh semua? sediiih rasanya. dan itulah yang gw alami pada masa regol kali ini.

jadi, regol yang sebelumnya dijadwalkan tanggal 10 Agustus kemaren jam 16.00 ternyata menimbulkan berbagai polemik. ada isu-isu yang bilang kalo regol dimajuin jadi jam 9 pagi, yang akibatnya semua anak FEUI seantero Indonesia langsung mengakses SIAK NG yang menyebabkan tuh server di sana jadi down, dan SIAK pun tidak terbuka sama sekali. pas udah bisa kebuka malah, "Anda tidak dapat mengisi IRS karena periode pengisian belum dimulai atau sudah berakhir". oh my.... sabar... sabar...

dan, gw beserta (mungkin) ratusan mahasiswa FE lainnya standby depan laptop buat nunggui itu IRS sampai bisa diisi. sampe dzuhur belom kebuka juga, so berarti emang pengisian IRS emang sebenernya baru dimulai nanti sore jam 4, seperti pemberitahuan sebelumnya. dan kabar yang jam 9 itu hanya merupakan isapan jempol belaka, yang berhasil mengguncang dunia per-regolan FEUI. huff

udah jam 4 nih. dari jam 3an gw udah standby. dan sepertinya semua anak FE juga berpikirran sama dengan gw. dan waktu itu di FB hampir semua yang online adalah anak2 FE. di ym juga. haha
udah ditungguin, udah mulai error juga, tuh IRS belom bisa diisi juga. entah mengapa. sampe temen2 tuh banyak yang bertanya-tanya ada apa, mengeluh, via fb. hmm pada saat-saat seperti ini sepertinya kami kompak menyalahkan sistem! hoho

udah jam 4 lebih. setengah 5. jam 5. ga bisa kebuka juga tuh IRS. masa iya ditunda lagi? yaa kalo emang ditunda kan setidaknya harus ada pemberitahuan dong? lah ini ga ada. semakin frustasi. sampe akhirnya emosi anak-anak FE teredam dari status fb dari Pak Banu, dari bagian kemahasiswaan FEUI. stat beliau menyatakan bahwa proses regol diundur menjadi Rabu, 11 Agustus 2010 mulai pukul 16.00. dan beliau menjelaskan bahwa pengunduran jadwal itu atas permintaan dari UI, terkait adanya kesalahan sistem pada server. hmmm ga ngerti deh gw. yang penting regol diundur pada saat gw udah nungguin bahkan dari pagi! yasudahlah... ujian kesabaran menjelang bulan suci Ramadhan...

sekarang ceritanya udah hari rabu. dari jam 3 gw standby. buka-buka SIAK yang masih belum error waktu itu. yaudah gw putuskan buat tetep buka SIAK aja, jangan sampe di logout lagi, karena pasti nanti kalo mau masuk lagi susah banget. okelah. udah hampir jam 4. jam 4 kurang 5. gw udah menyiapkan amunisi berupa rancangan mata kuliah yang akan gw ambil semester depan, plus jadwalnya yang udah gw rancang supaya ga bentrok. udah jam 4 pas. IRS gw belom bisa kebuka. jam 4 lebih 10. sama aja. gw panik dah tuh. liat stat fb temen2. udah ada yang bisa regol. udah berhasil. nah gw? boro. masuk IRS aja ga bisa. huhu

di saat-saat kayak gini malah error ni SIAK. dan pas udah bener malah katanya belom kebuka. huff. sabar...
singkat cerita akhirnya gw baru bisa ngisi sekitar jam 5an lebih. bayangkan, gw ketinggalan satu jam! dan akibatnya adalah, pas udah mau isi, ternyata banyak kelas yang udah penuh. apalagi sekarang kan SIAK menerapkan sistem baru, jadi kalo kelas udah penuh, kelas itu langsung ilang. nah lho. gw smakin bingung aja mau ambil kelas apa dari yang tersisa itu. yaudah dengan sabar gw isi, sesuai sama rancangan yang udah gw susun sebelumnya. tapi akhirnya ya ga bisa persis sama kayak yang di rancangan gw. huhu

AB ma MP kemungkinan bentrok. AB masih jadi waiting list sih. trus juga gw ga kebagian kelas MSDM, karna emang kelas itu cuma dibuka 2 kelas [aslinya emang harusnya di semester genap]. yang lain sih dapet lah, walaupun harus dapet kelas bahasa Indonesia, padahal pengennya kelas bahasa Inggris. huhu
dan akibat gw ga dapet kelas MSDM, jadi aja gw ambil matkul lain, biar sks gw tetep penuh 21 [untuk memenuhi target, you know]. akhirnya gw nekat untuk ambil MRB, which is itu adalah mata kuliah semester 5. hmm gw bakalan kuliah sama senior lagi. hohoho

sementara ini sih ga ada masalah sih IRS gw. paling cuma waiting list AB itu, gw ada di posisi 46 dari kapasitas kelas 40 orang. yang lain sih fine aja [semoga]. tinggal nunggu persetujuan dari PA. jadi, sejauh ini yang berhasil gw pilih: AB, MK, MP, PMS, CSR, SPO, MRB. *SPO dan MRB: materi semester 5, CSR: materi semester 7. that means 4 matkul kuantitatif dan 3 matkul kualitatif. hmmm
masih berharap kelas MSDM ditambah lagi... jadi gw bisa ambil itu... huhu

itulah seekelumit pengalaman gw dalam mengisi sesuatu yang disebut IRS. benar2 butuh perjuangan, kesabaran, dan kebesaran hati. dan semua itu emang tergantung dari seberapa baik dan cepat koneksi ke SIAK. faktor luck juga sih.
hmm good luck aja deh buat semester depan. harus ekstra kerja keras nih. semangat!!
*ayo dong tambah lagi MSDM nya... T.T

0 comments:

Post a Comment